Wakili Indonesia, SD Muhammadiyah Sapen Tampil Ajang Konferensi Global Bergengsi | SEKOLAH RUJUKAN NASIONAL VERSI KEMDIKBUD

Wakili Indonesia, SD Muhammadiyah Sapen Tampil Ajang Konferensi Global Bergengsi
administrator website | Saturday, 26 February, 2022
Wakili Indonesia, SD Muhammadiyah Sapen Tampil Ajang Konferensi Global Bergengsi


SD Muhammadiyah Sapen semakin menunjukkan eksistensinya dalam kancah pendidikan global. Belum lama SD Muhammadiyah Sapen terlibat dalam Children webinar yang digelar bersama Elpro International School, Pune, India. SD Muhammadiyah Sapen mewakili Indonesia dalam ajang konferensi global yang sangat bergengsi tingkat dunia, Pangea, bersama sebelas sekolah dari berbagai penjuru dunia.

Kegiatan yang diikuti oleh dua belas  sekolah papan atas dari berbagai belahan dunia di Asia, Eropa, dan Amerika Latin seperti India, Uni Emirat Arab, Yordania, Francis, Inggris, Spanyol, Brazil, Malaysia, Amerika Serikat, dan Indonesia berlangsung secara virtual pada 22-23 Februari 2022.

Ilman Soleh, S.S., M.Pd.I. Kabag Humas SD Muhammadiyah Sapen menyatakan, Pangea merupakan ajang konferensi tentang pendidikan lintas global untuk membangun sebuah “kampung  global” yang dapat menjembatani terjadinya diskusi tentang pendidikan dan teknologi yang diinisasi oleh Elpro Internatonal School – Chinchwad bekerjasama dengan SkillSphere Education dan Wrapping High School, Inggris.

Kegiatan Pangea kedua mengusung tema besar yang memadukan unsur-unsur pendidikan dan teknologi "Tenologi dan Kecerdasan Artifisial dalam Pendidikan Global" membahas tentang pengembangan kemampuan abad 21, kewarganegaraan global, dan implementasi teknologi tinggi dalam pendidikan, ungkap Ilman Soleh.

SD Muhammadiyah Sapen mengirimkan delapan  partisipan terdiri dari komite sekolah, guru, dan siswa yang terbagi dalam berbagai  jenis kegiatan yang berbeda.  Mereka bergabung dengan siswa dan sekolah lain dari berbagai negara di penjuru dunia untuk berdiskusi, berkolaborasi dalam kegiatan project based learning dan berkompetisi serta melaksanakan presentasi sesuai tema yang diberikan kepada masing-masing kelompok.

Kedelapan peserta terdiri komite sekolah, guru, dan siswa di antaranya Aisyah Nurhayati, S.E..Akt., M.B.A. Desti Liana Kurniati, S.Pd., M.Pd., Bima Sultan Ahza, Humaira Faiha Carolina, Habib Yusuf Sanjaya Marsha Anis Yumna, Alexa Nadhifa Alfaratu, dan Zahra Fasya Putri.

Dua peserta yaitu Bima Sultan Ahza dan Alexa Nadhifa Alfaratu berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi El Author : Menulis Bercerita Berkolaborasi dan El-Canto Menyanyi Berkolaborasi. Keduanya berkolaborasi dengan rekan dari negara lain. Ahza berkolaborasi dengan siswa dari Elpro International School India dan Alexa berkolaborasi dengan siswa dari Abu Dhabi Indian School, AlMuroor.

“Lombanya sangat seru dan banyak tantangannya. Menariknya, lomba ini dilakukan secara berkolaborasi dengan teman dari negara lain”, ungkap Ahza. Panitia tidak memberitahu tentang tema dan aktivitas apa yang akan dilakukan. Ketika berada di ruangan masing-masing, semua disampaikan dan peserta memulai untuk berfikir dan berkreasi untuk menyelesaikan proyeknya.

Kepala SD Muhammadiyah Sapen Agung Rahmanto, S.H., M.Pd. menjelaskan keikutsertaan sekolahnya dalam konferensi global merupakan sebuah kepercayaan atas SD Muhammadiyah Sapen sebagai salah satu sekolah yang telah menerapkan konsep smart school dan wujud implementasi pendidikan karakter berkebhinekaan global yang selama ini dilaksanakan SD Muhammadiyah Sapen, ungkapnya.

Agung menambahkan SD Muhammadiyah Sapen terus membuka relasi dengan sekolah-sekolah di lintas benua untuk memberikan kesempatan dan pengalaman belajar kepada guru dan siswa agar dapat membuka mindset seluas-luasnya dan mensyiarkan amal usaha Muhammadiyah dalam kancah pendidikan global di era disrupsi. “Pangea merupakan salah satu peluang untuk mewujudkan ikhtiar sekolahnya dapat tampil di kancah pendidikan dunia”, pungkasnya.

          

 
 
Other News
 
Tuesday, 28 June, 2016
Sapen Borong Medali International Singapore Math Competition (ISMC)
SD Muhammadiyah Sapen kembali menambah referensi prestasi internasional dalam International Singapore Math Competition (ISMC) 2016 yang diselenggarakan di Singapura, (30/4).…
Monday, 30 August, 2021
Empat Alumni Sapen Maju Mewakili DIY Ajang Kompetisi Penelitian Siswa Tingkat Nasional 2021
Sekira empat alumni SD Muhammadiyah Sapen maju ke tingkat nasional Kompetisi Penelitian Siswa Tahun 2021.Mereka adalah Marsha Anis Yumna, Aisha…
Wednesday, 28 March, 2018
Meski Baru Seumur Jagung, Tim Basket Sapen Juara Turnamen Basket Jateng-DIY
Meski usianya baru seumur jagung, tim bola basket SD Muhammadiyah Sapen telah banyak berbicara dalam berbagai even turnamen bola basket…
Thursday, 13 July, 2023
Capai Prestasi Terbanyak, SD Muhammadiyah Sapen Diapresiasi Kemdikbudristek
SD Muhammadiyah Sapen sebagai salah satu amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan dasar mendapatkan apresiasi dari Pusat…
 
 
SAPEN RADIO




SAPEN RADIO MENGEDUKASI TIADA HENTI


 
Latest Agenda
 
 
Polling
Do you think this website has complete information?
Polling Result
Do Not Know
134
Less
200
Enough
143
Good
201
Excellent
1751
 
 
Comparative Study
 
 
Link

Visitor Count:
13.754.646