Antara Sapen dan Brunei Sebuah Catatan Sharing Pendidikan | Multitalent School of Yogya - SD Muhammadiyah Sapen

Antara Sapen dan Brunei Sebuah Catatan Sharing Pendidikan
administrator website | Wednesday, 25 September, 2019
Antara Sapen dan Brunei Sebuah Catatan Sharing Pendidikan


Ada sebuah catatan menarik dari sharing pendidikan yang diadakan SD Muhammadiyah Sapen pada Rabu, 10/9. Sharing yang menghadirkan guru tamu spesial dari negara Brunei ini mengambil tema The Schooling in Brunei.

Allison, guru yang menjadi guru tamu di SD Muhammadiyah Sapen, memaparkan tentang penyelenggaraan pendidikan di negara Brunei. Salah satu paparannya yang menarik adalah sekolah di Brunei menekankan pada tiga materi pokok dalam pembelajarannya, yang dikenal dengan akronim EMS.

EMS merupakan kependekan dari English, Math and Science. Istilah ini sangat populer di kalangan warga sekolah Sapen dengan program CIMIPA. Program ini menitikberstkan pada pembelajaran tiga bidang studi Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Di negara Malaysia, istilah ini dikenal dalam dual languages program.

Sedikit kesamaan ini menjadi point penting bagi sekolah-sekolah di Brunei dan SD Muhammadiyah Sapen. SD Muhammadiyah Sapen selangkah lebih maju karena konsep CIMIPA tidak sekedar belajar tentang teori, tetapi meliputi praktik langsung yang selama jni dilaksanakan di Fakultas Kedojteran Hewan UGM.

Hanya berbeda dengan SD Muhammadiyah Sapen, kompetensi penguasaan bahasa Inggris siswa di Brunei di atas rata-rata kemampuan siswa Sapen. Sekolah-sekolah di Brunei menggunakan kurikulum Cambridge dan standar kemampuan berbahasa Inggrisnya menggunakan standar UK.

Dalam proses pembelajaran, sekolah+sekolah di Brunei lebih menitikberatkan pada learning proses bukan the result of learning, sehingga siswa merasa enjoy dan banyak mengalami pengalaman belajar. Interaksi siswa, kerjasama antar siswa, dan pengalaman belajar lebih mwndominasi dalam pembelajaran. Media pembelajaran merupakan hal yang sangat urgent dalam proses pembelajaran.

Kegiatan sharing endidikan yang diikuti guru dan karyawan SD Muhammadiyah Sapen telah memberikan wawasan pengetahuan pada guru dan karyawan untuk lebih memacu kemampuan kualitas diri dan merubah mindset menuju insan pembelajar yang harus mampu berakselerasi mengikuti perkembangan dan perubahan jaman yang demikian cepat.

 
 
Other News
 
Monday, 13 November, 2017
Olimpiade Fisika Tingkat Nasional di Unnes Siswa Sapen Raih Peringkat Ketiga
Novin Raushan, siswa kelas 4 CIMIPA SD Muhammadiyah Sapen berhasil menduduki peringkat ketiga dalam Olimpiade Fisika Tingkat Nasional Tahun 2017…
Wednesday, 25 September, 2019
Kejuaraan Bulu Tangkis Tingkat Jateng dan DIY Azka Ghani Kembali Raih Juara I
Azka Ghani, siswa Kelas 4 SD Muhammadiyah Sapen, kembali meraih juara I dalam kejuaraan bulutangkis multi cabang kelas tunggal usia…
Wednesday, 10 April, 2019
Olimpiade Mathlete's Nasional di Solo Sapen Raih Medali Terbanyak (34 Medali)
Alhamdulillah, siswa-siswa SD Muhammadiyah Sapen dan Alumni meraih Medali terbanyak pada Awarding Final MATHLETE‚ÄôS Session 3 Tahun 2019 di Solo.Berikut…
Friday, 20 October, 2017
SD Muhammadiyah Sapen Magang di Sekolah Terbaik di Malaysia
SD Muhammadiyah Sapen memberangkatkan dua puluh empat siswa dan empat guru dalam program magang di luar negeri. Mereka melakukan pemagangan…
 
 
 
Latest Agenda
 
 
Polling
Do you think this website has complete information?
Polling Result
Do Not Know
26
Less
88
Enough
50
Good
71
Excellent
935
 
 
Comparative Study
 
 
Link

Visitor Count:
1.221.976