Adakan Gebyar Literasi 2018, Sapen Bentuk Insan Literat | SEKOLAH RUJUKAN NASIONAL VERSI KEMDIKBUD

Adakan Gebyar Literasi 2018, Sapen Bentuk Insan Literat
administrator website | Tuesday, 20 March, 2018
Adakan Gebyar Literasi 2018, Sapen Bentuk Insan Literat

Dalam rangka menggelorakan semangat literasi di lingkungannya, komunitas penggiat literasi SD Muhammadiyah Sapen mengadakan serangkaian lomba literasi yang didesain dalam Gebyar Literasi 2018. Lomba literasi ini mengintegrasikan beberapa kemampuan literasi di antaranya literasi visual, finansial, digital, dan teknologi.

 

Lomba yang diikuti ribuan siswa SD Muhammadiyah Sapen ini memperlombakan tiga belas  cabang lomba. Menariknya dalam lomba ini juga diselipkan lomba literasi bahasa daerah berupa lomba transliterasi aksara jawa dan sesorah. Di bidang teknologi diadakan lomba  pembuatan poster digital. Alhasil lomba ini mampu memantik siswa untuk untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik di bidang literasi. Siswa juga merasa sangat senang dengan lomba literasi yang mereka ikuti.

 

Keke salah seorang peserta lomba menulis cerpen mengatakan kegiatan semacam ini telah memotivasi dirinya untuk terus berkarya dan berkreasi. "Saya suka sekali dengan kegiatan gebyar literasi ini. Kegiatan ini telah memotivasi saya untuk terus meningkatkan kualitas kemampuan saya di bidang literasi, dalam hal ini pembuatan cerpen", ungkapnya.

 

Kepala SD Muhammadiyah Sapen, Agung Rahmanto, S.H., M.Pd. menjelaskan pihaknya mengajak seluruh warga sekolahnya agar lebih intens dan intim dengan literasi. Penguasaan literasi harus dijadikan sebagai sebuah kebutuhan untuk memasuki pendidikan Abada 21. Karenanya pihaknya sangat mengapresiasi adanya lomba gebyar literasi yang diinisiasi teman-teman penggiat literasi di sekolahnya.

 

Selanjutnya Novia Nuryany, M.Pd., ketua panitia Gebyar Literasi 2018 menyatakan kegiatan lomba yang dibagi dalam dua kategori, yaitu lomba untuk kelas bawah dan kelas atas, bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk pembentukan karakter, persatuan, dan kesatuan bangsa.

 

Selanjutnya kata dia, dalam lomba ini juga dipilih juara umum untuk dua kategori sebagai pemantik semangat siswa-siswanya dalam berliterasi. Terakhir kata dia, memberikan apresiasi dan motivasi kepada anak usia sekolah dasar dalam proses menumbuh kembangkan budaya gemar membaca. "Diharapkan dengan adanya lomba ini dapat lebih memacu budaya baca di kalangan siswa-siswanya yang nantinya akan menjadi pembiasaan," tandasnya.

 

 
 
Other News
 
Friday, 23 July, 2021
Berkurban di Saat Pandemi, Sapen Sebar 100 Hewan Kurban
Berkurban di saat pandemi, Idul Adha 1442 H, SD Muhammadiyah Sapen menyalurkan 90 ekor hewan kurban yang  terdiri dari 900…
Thursday, 20 July, 2017
Sukses di Singapura dan Ho Ci Minh, Tim Olimpiade Sapen Bidik Emas di India
Seakan tidak pernah berhenti dan tidak pernah istirahat, tim olimpiade SD Muhammadiyah Sapen melanglangbuana dari satu negara ke negara lain.…
Friday, 06 November, 2020
Muhammad Rafisqy Aditya Raih Gold Award, Olimpiade International di Hongkong
Muhammad Rafisqy Aditya, siswanya kelas 2 SD Muhammadiyah Sapen berhasil metaih medali emas dalam ajang olimpiade yang sangat bergengsi Hongkong…
Thursday, 10 August, 2017
Nia Juara Electone Tingkat DIY
Nia, siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Sapen berhasil menjadi juara favorit dalam lomba electone tingkat DIY yang diselenggarakan Hana Yamaha…
 
 
SAPEN RADIO




SAPEN RADIO MENGEDUKASI TIADA HENTI


 
Latest Agenda
 
 
Polling
Do you think this website has complete information?
Polling Result
Do Not Know
134
Less
198
Enough
143
Good
201
Excellent
1751
 
 
Comparative Study
 
 
Link

Visitor Count:
13.404.502