SD Muhammadiyah Sapen Magang di Sekolah Terbaik di Malaysia | Multitalent School of Yogya - SD Muhammadiyah Sapen

SD Muhammadiyah Sapen Magang di Sekolah Terbaik di Malaysia
administrator website | Friday, 20 October, 2017
SD Muhammadiyah Sapen Magang di Sekolah Terbaik di Malaysia

SD Muhammadiyah Sapen memberangkatkan dua puluh empat siswa dan empat guru dalam program magang di luar negeri. Mereka melakukan pemagangan di sekolah-sekolah terbaik di Malaysia baik sekolah yang berada di Propinsi Johor Bahru, SK Medini dan sekolah terbaik di Propinsi Selangor, SK Seksyen 9. Magang guru dan siswa dilaksanakan selama lima hari.

Program magang ini merupakan implementasi dari nota kesepahaman yang telah dilakukan di antara kedua sekolah tersebut. “Banyak hal yang bisa didapatkan melalui program magang ini. Kita bisa belajar learning by doing melalui pengamatan langsung nilai-nilai positif dan kebaikan yang diterapkan di sekolah tersebut, di antaranya nilai pembentukan karakter siswa dan manajemen pengelolaan sekolah yang berkualitas”, ujar Ilman Soleh, M.Pd.I.

Ilman menambahkan selain bisa mengadopsi model-model penerapan pendidikan karakter, kita juga bisa melakukan sharing tentang masalah pengelolaan sekolah yang berkualitas. Sk Seksyen 9 merupakan sekolah berpestasi tinggi di Propinsi Selangor. Setiap sekolah berprestasi tinggi memiliki nilai keunggulan baik dalam hal administrasi sekolah, prestasi akademik dan nonakademik dan sekolah kluster di bawah binaannya.

Demikian pula dengan SK Medini, selain fasilitas pendidikannya yang sangat lengkap dan lingkungan sekolah yang sangat kondusif, sumber daya manusianya juga memiliki nilai kompetensi yang baik dalam proses pembelajaran. Demikian pula halnya dengan penerapan pendidikan karakter pada siswa-siswanya. Siswa-siswanya yang berkarakter merupakan hasil dari strategi pembelajaran di dalam kelas yang berimplikasi pada pembentukan karakter siswanya.

Selain guru-guru yang bisa belajar, ungkap Ilman, siswa-siswa juga bisa berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung dengan siswa-siswa di kedua sekolah tersebut. Siswa kedua sekolah belajar bersama di berbagai kelas sesuai tingkatannya dan melakukan berbagai aktivitas baik yang berupa science activity, olahraga, permainan tradisional maupun pertukaran budaya kedua negara.

“Anak-anak memiliki banyak pengalaman belajar langsung dengan teman-teman di sekolah yang berada dalam kawasan negara serumpun. Mereka bisa saling belajar satu dengan lainnya baik melalui pengalaman langsung di lapangan, diskusi dan bekerjasama dalam kelompok bermain dan belajarnya serta menampilkan kemampuan kreativitas masing-masing”, ungkapnya.

 

 
 
Other News
 
Wednesday, 14 March, 2018
Guru Besar Ryutsu Kezai University Jepang Berikan Coaching Clinic Sport di Sapen
Olahraga rugby masih tergolong olahraga yang sangat langka di tanah air. Namun tidak demikian dengan SD Muhammadiyah Sapen. Rugby sudah…
Friday, 20 January, 2017
Mantan Pemain Chelsea Ajari Siswa Sapen Bermain Rugbi
Sepakbola rugbi adalah sejenis permainan sepakbola yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim mencoba mencetak sekor dengan cara menyepak, melontar…
Tuesday, 24 July, 2018
Raih Medali Emas, Tim Pandawa Lima Sapen Kibarkan Merah Putih di Negeri Ginseng
Tim Olimpiade Matematika Sapen kembali mengukir prestasi dalam ajang olimpiade internasional. Kali ini, tim Sapen berhasil membawa pulang lima medali…
Wednesday, 31 October, 2018
Kemenkeu Mengajar di Sapen
Senin, 22/10, SD Muhammadiyah Sapen mendapat tamu kehormatan dari Kementrian Keuangan RI di Jakarta. Tamu-tamu yang biasa mengurus masalah keuangan…
 
 
 
Latest Agenda
 
 
Polling
Do you think this website has complete information?
Polling Result
Do Not Know
22
Less
84
Enough
47
Good
65
Excellent
893
 
 
Comparative Study
 
 
Link

Visitor Count:
892.603