SD Muhammadiyah Sapen Magang di Sekolah Terbaik di Malaysia | Multitalent School of Yogya - SD Muhammadiyah Sapen

SD Muhammadiyah Sapen Magang di Sekolah Terbaik di Malaysia
administrator website | Friday, 20 October, 2017
SD Muhammadiyah Sapen Magang di Sekolah Terbaik di Malaysia

SD Muhammadiyah Sapen memberangkatkan dua puluh empat siswa dan empat guru dalam program magang di luar negeri. Mereka melakukan pemagangan di sekolah-sekolah terbaik di Malaysia baik sekolah yang berada di Propinsi Johor Bahru, SK Medini dan sekolah terbaik di Propinsi Selangor, SK Seksyen 9. Magang guru dan siswa dilaksanakan selama lima hari.

Program magang ini merupakan implementasi dari nota kesepahaman yang telah dilakukan di antara kedua sekolah tersebut. “Banyak hal yang bisa didapatkan melalui program magang ini. Kita bisa belajar learning by doing melalui pengamatan langsung nilai-nilai positif dan kebaikan yang diterapkan di sekolah tersebut, di antaranya nilai pembentukan karakter siswa dan manajemen pengelolaan sekolah yang berkualitas”, ujar Ilman Soleh, M.Pd.I.

Ilman menambahkan selain bisa mengadopsi model-model penerapan pendidikan karakter, kita juga bisa melakukan sharing tentang masalah pengelolaan sekolah yang berkualitas. Sk Seksyen 9 merupakan sekolah berpestasi tinggi di Propinsi Selangor. Setiap sekolah berprestasi tinggi memiliki nilai keunggulan baik dalam hal administrasi sekolah, prestasi akademik dan nonakademik dan sekolah kluster di bawah binaannya.

Demikian pula dengan SK Medini, selain fasilitas pendidikannya yang sangat lengkap dan lingkungan sekolah yang sangat kondusif, sumber daya manusianya juga memiliki nilai kompetensi yang baik dalam proses pembelajaran. Demikian pula halnya dengan penerapan pendidikan karakter pada siswa-siswanya. Siswa-siswanya yang berkarakter merupakan hasil dari strategi pembelajaran di dalam kelas yang berimplikasi pada pembentukan karakter siswanya.

Selain guru-guru yang bisa belajar, ungkap Ilman, siswa-siswa juga bisa berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung dengan siswa-siswa di kedua sekolah tersebut. Siswa kedua sekolah belajar bersama di berbagai kelas sesuai tingkatannya dan melakukan berbagai aktivitas baik yang berupa science activity, olahraga, permainan tradisional maupun pertukaran budaya kedua negara.

“Anak-anak memiliki banyak pengalaman belajar langsung dengan teman-teman di sekolah yang berada dalam kawasan negara serumpun. Mereka bisa saling belajar satu dengan lainnya baik melalui pengalaman langsung di lapangan, diskusi dan bekerjasama dalam kelompok bermain dan belajarnya serta menampilkan kemampuan kreativitas masing-masing”, ungkapnya.

 

 
 
Other News
 
Sunday, 27 November, 2016
Sapen Warnai Majalah Nasional Kemendikbud GURU
Muncul di majalah pendidikan nasional bukanlah hal mudah. Akan tetapi setiap lembaga atau perorangan tentu memiliki keinginan untuk bisa \"nampang\"…
Friday, 16 June, 2017
Sapen Raih Nilai Rerata Ujian Sekolah SD/MI Tertinggi di DIY
Alhamdulillah, SD Muhammadiyah Sapen berhasil meraih Nilai Rerata Ujian Sekolah SD/MI Tertinggi di DIY dengan rata-rata 261,20
Tuesday, 22 November, 2016
10 Buah Puisi Karya Anak Sapen Hiasi Antologi Puisi "Kurcaci Berpuisi"
Antologi Puisi Anak Indonesia “Kurcaci Berpuisi” diluncurkan bersama puluhan anak-akan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Minggu (6/121). Antologi Puisi Anak…
Tuesday, 20 March, 2018
Meriahkan Car Free Day, Siswa Sapen Ajak Warga Jogja Tertib Berlalulintas
Kegiatan cara free day menjadi momentum strategis dalam mengkampanyekan program layanan masyarakat yang mengandung nilai edukatif. Kampanye itu menjadi menarik…