Sebuah harmonisasi siswa dua sekolah negara serumpun nampak terlihat di SK Medini, Selasa, 3/10. Hari itu, SD Muhammadiyah Sapen mengadakan kolaborasi aktivitas pembelajaran dengan SK Medini Johorbahru, Malaysia.
Medini adalah sebuah kawasan pembangunan ekonomi baru masyarakat urban di bagian Selatan daratan negara Malaysia, tepatnya di Propinsi Johor.
Medini adalah sebuah wilayah yang memiliki luas 9.3 km yang didesain sebagai kota metropolis masa depan dengan infrastruktur bangunan-bangunan vertikal modern yang sangat rapi dan ramah lingkungan.
Wilayah pembangunan ekonomi masyarakat urban ini terkoneksi dengan pembangunan pusat bisnis di kawasan Medini Iskandar Putri. SK Medini berdiri di jantung pusat kawasan elit daerah Medini dengan desain bangunan sekolahnya yang sangat branded.
Sekolah yang berdiri tahun 2014 ini sudah memiliki siswa hingga kelas 6, kini menjadi sekolah alternatif sebagai sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah kebangsaan yang ada di kawasan Malaysia untuk belajar tentang tata kelola sekolah di SK Medini.
Secara kebetulan, lawatan pendidikan SD Muhammadiyah Sapen di SK Medini bersamaan dengan ketibaan lawatan dari pejabat pendidikan dari beberapa propinsi di Malaysia seperti propinsi Negeri Sembilan, Muar dan Melaka.
Momentum ini menjadi sangat strategis untuk mensyiarkan SD Muhammadiyah Sapen pada khususnya dan persyarikatan Muhammadiyah pada umumnya kepada pejabat-pejabat pendidikan di beberapa propinsi di Malaysia.
Lawatan pendidikan yang berlangsung dua hari diisi dengan kegiatan belajar bersama antara siswa SD Muhammadiyah Sapen dengan siswa SK Medini kelas 4 dan 5 tentang pembelajaran tematik dan Sains.
Menarik sekali kolaborasi pembelajaran kedua sekolah. Siswa-siswa yang cepat beradaptasi telah memudahkan mereka untuk saling berbagi, berkomunikasi satu dengan lainnya dan bekerjasama serta berperan aktif dalam pembelajaran.
Siswa-siswa kedua sekolah laksana tidak bersekat terlihat enjoy dan kondusif dalam mengikuti pembelajaran yang dipandu oleh cik gu pengampunya. Mudahnya adaptasi siswa kedua sekolah menjadi modal sosial yang sangat berharga bagi jalinan silaturahim pendidikan di antara kedua sekolah ke depannya.
Sikap ramah guru besar, cik gu dan budak dari keluarga besar SK Medini merupakan suatu bagian dari keberhasilan pembelajaran terjadap siswa-siswanya dalam pembentukan karakter peserta didik.
Fenomena sosial yang sangat positif dari realitas siswa SK Medini adalah sikap soleh dan solehah yang ditampakan dengan salam dan jabat tangan dengan penuh ketawadluan dari siswa terhadap setiap orang yang ditemuinya. Padahal sejarinya SK Medini bukanlah sekolah keagamaan.
Sebuah sikap sederhana, tetapi memiliki implikasi sosial yang sangat besar sebagai bukti dari keberhasilan pendidikan karakter dari guru-guru terhadap siswa-siswanya.
Lingkungan sekolah yang bersih, atmosfir kelas yang kondusif, tulisan-tulisan ajakan berbuat positif dan kebaikan di setiap sisi dari space yang ada menjadi sebuah bukti tentang kesungguhan pendidikan karakter terhadap siswa-siswinya.
Keberhasilan pendidikan di SK Medini tidak hanya dilihat dari bangunan fisik yang berdiri megah dengan dilengkapi berbagai fasilitas pembelajaran yang sangat lengkap, tetapi juga diimbangi dengan peningkatan kualitas pembentukan karakter siswa-siswinya.
Dua hari, kami berada di SK Medini banyak hal-hal positif yang kami catat untuk diimplementasikan di SD Muhammadiyah Sapen.
Sekolah bukan hanya berhasil mencetak siswa-siswanya secara kognitif, tetapi juga berhasil mengembangkan ramah afeksi dan psikomotorik siswa-siswanya. Sebuah keberhasilan yang sangat ideal dari penyelenggara pendidikan di SK Medini.
Harmonisasi siswa SD Muhammadiyah Sapen dan SK Medini dalam lawatan pendidikan ini ibarat sebuah kelompok musik orkestra yang saling berkontribusi dalam merajut benang silaturahim yang lebih berkemajuan dan berkesinambungan dalam bidang pendidikan. Terima kasih SK Medini