Tim Olimpiade Sapen Semakin Mendunia | Multitalent School of Yogya - SD Muhammadiyah Sapen

Tim Olimpiade Sapen Semakin Mendunia
administrator website | Monday, 31 October, 2016
Tim Olimpiade Sapen Semakin Mendunia

Kiprah SD Muhammadiyah Sapen dalam olimpiade tingkat internasional sudah tidak diragukan lagi. Berbagai prestasi juara olimpiade internasional banyak memenuhi lemari pajang SD Muhammadiyah Sapen. Belum lama berselang, Sapen meraih medali perak dalam International Singapore Mathematic Competition (ISMC) dan Singapore International Mathematical Olympiad Challenge (SIMOC) 2016. Kini 8 siswa Sapen akan maju olimpiade tingkat nasional dan internasional OMSI dan IMSO ke-13 yang akan dilaksanakan di Banten, 9-13 November 2016.

Menurut Pengarah IMSO ke-13 Moh Arodhi, hingga kini sudah ada 16 negara yang menyatakan keikutsertaan dalam IMSO tahun ini. Dari 16 negara tersebut, sudah ada enam negara yang mengirimkan nama. Mereka terdiri dari Iran (16 peserta), Afrika Selatan (46), India (30), Mongolia (15), Sri Lanka (36), Kazakhstan (12), dan Indonesia (75). "Sejauh ini total sudah 230 peserta yang masuk," kata Arodhi.

Arodhi memperkirakan, total peserta pada IMSO ke-13 ini bisa mencapai 1.600 orang. Mereka terdiri dari peserta luar negeri dan dalam negeri. Bagi peserta dari dalam negeri, ada gelaran sendiri dengan nama Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI). "Peserta OMSI yang terbaik akan diikutkan pada ajang IMSO," kata Arodhi.

Dia berharap, Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dapat membuka acara IMSO. Adapun pemenang IMSO dan OMSI diharapkan sudah bisa diketahui pada Sabtu 12 November.

Sesuai namanya, Olimpiade Matematika dan Sains, kompetisi ini melombakan bidang pelajaran matematika dan sains. Karenanya, peserta akan ada ujian teori dan ujian eksplorasi, sesuai bidang lombanya.

Adapun yang menarik dari ajang IMSO, selain peserta berkompetisi di bidang matematika dan sains, mereka juga diberi kesempatan untuk menampilkan adat dan budaya masing-masing. "Acara malam budaya atau culture night akan digelar pada Jumat," kata Arodhi.

Menurut Arief, IMSO memang bukan sekadar ajang ujian matematika dan sains, melainkan juga bisa menjadi acara untuk saling mengenal budaya. "Ada nilai yang lebih besar dari sekadar Olimpiade Matematika," katanya.

Adapun konsep pentasnya seperti apa, masih dalam proses pembahasan. Wali kota Tangerang saat ini sedang mematangkan pentas budaya antarnegara ini bisa digelar di ruang terbuka. Arief menginginkan digelar di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. "Acara ini kalau bisa bersamaan dengan peluncuran video mapping Kota Tangerang," katanya.

Dengan adanya gelaran pentas budaya antarbangsa, masyarakat Kota Tangerang dan daerah lainnya juga bisa ikut menikmati, tak hanya peserta IMSO. Dia berharap masyarakat mendapatkan hiburan yang juga memberi edukasi.

IMSO merupakan Olimpiade Matematika dan Sains yang pelaksanaannya digelar tahunan. Tahun ini merupakan ajang yang ke-13. IMSO merupakan kontestasi bagi siswa kelas V dan VI dan tidak boleh berusia di atas 13 tahun pada 31 Desember 2016. Setiap negara bisa mengirimkan perwakilannya sebanyak 12 siswa, dengan masing-masing enam untuk bidang matematika dan enam untuk peserta sains.

Tujuan dari IMSO ini untuk meningkatkan kompetensi siswa sekolah dasar di bidang matematika dan sains juga mempererat relasi di antara siswa antarnegara. "Semua soal dalam IMSO ini dalam bahasa Inggris. Sehari sebelum ujian, soalnya dibuka. Jadi, tidak mungkin untuk diterjemahkan," kata Arodhi. n ed: hafidz muftisany

 
 
Other News
 
Tuesday, 08 September, 2015
Tamu Yordania Ajari Muhadatsah Bahasa Arab
Sabtu, 5 September 2015, SD Muhammadiyah Sapen menerima dua orang tamu dari Yordania. Kedua tamu itu selain ingin bersilaturahim dan…
Thursday, 08 March, 2018
Empat Siswa Sapen Maju Ke Tingkat Propinsi DIY
Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota Yogyakarta sudah selesai dilaksanakan 14 Februari 2018 lalu. Hasilnya empat siswa SD Muhammadiyah Sapen…
Tuesday, 22 November, 2016
Festival Piano Nusantara 2016, Satya Raih Perunggu
Bicara tentang prestasi SD Muhammadiyah Sapen bukan hanya prestasi akademik semata, prestasi nonakademik pun begitu bejibun menghiasi display lemari pajang…
Tuesday, 05 December, 2017
Satya Sabet Silver Medal dalam ASMOPS 2017
Maulana Satya Adigama kembali menorehkan prestasi membanggakan dan mengharumkan nama persyarikatan Muhammadiyah, bangsa dan SD Muhammadiyah Sapen dalam event tingkat…